ismillaahirrahmaanirrahiim

Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Dalam sebuah Hadits Qudsy, Allah berfirman:

“Wahai manusia! Berbuatlah baik, karena ia adalah kunci pintu surga yang

akan membawamu ke sana. Tinggalkanlah keburukan, karena ia adalah kunci

pintu neraka yang akan menyeretmu ke sana.

Wahai manusia! Ketahuilah bahwa apa yang engkau bangun itu akhirnya akan

hancur. Usiamu akan habis. Ragamu akan ditimbuni tanah. Dan apa yang engkau

kumpulkan akan menjadi milik para ahli waris. Dengan demikian, kenikmatan

itu akan menjadi milik orang lain, sedangkan pertanggungjawaban akan menjadi

tanggungjawabmu. Bagian yang kau dapat hanyalah siksa dan penyesalan.

Sedangkan yang akan menjadi temanmu dalam kubur hanyalah amal perbuatanmu.

Oleh karena itu, introspeksilah sebelum kau dimintai pertanggungjawaban.

Tetaplah patuh kepada-Ku. Hindari larangan-Ku. Terimalah dengan senang hati

segala yang Kuberikan. Masuklah engkau dalam kelompok orang-orang yang

bersyukur.

Wahai manusia! Rahasia kematian itu, simpanlah di belakangmu dengan

kenikmatan yang kau peroleh untuk bekal menuju akhirat. Dan kecewalah engkau

pada kebaikan-kebaikan yang terlewatkan.

Janganlah engkau berbahagia dengan harta kekayaan yang Ku-berikan dan jangan

pula engkau berputus asa karena harta.

Wahai manusia! Dari tanah engkau Aku ciptakan. Ke dalam tanah Aku akan

memulangkan engkau. Dari tanah Aku akan membangkitkan engkau kembali.

Ketahuilah! Apabila Aku mencintai seorang hamba, maka Aku akan menjauhkan

dunia dari dirinya dan Aku akan menggiatkan dia dalam amal-amal

ke-akhirat-an. Aku akan memperlihatkan cacat dunia kepadanya, sehingga ia

berhati-hati dan dengan rahmat-Ku dia akan melakukan amal penghuni surga.

Apabila aku murka pada seorang hamba, maka Aku memberi kesibukan urusan

dunia yang membuat dia lupa pada-Ku dan Aku menggiatkan dia dalam amal

keduniawian. Maka ia akan termasuk dalam kelompok penghuni neraka. Karena

itu, Aku akan memasukkan dia kedalam api neraka.

Wahai manusia! Usia itu akhirnya akan habis juga walaupun lama. Dunia ini

hanyalah seperti fatamorgana. Diam sejenak, kemudian pergi dan tak kembali

lagi.

Wahai manusia! Aku-lah yang menciptakan dirimu. Aku-lah yang memberi rejeki

padamu. Aku-lah yang menghidupkan dan mematikanmu. Aku-lah yang

membangkitkan kembali dirimu. Aku-lah yang akan meminta pertanggungjawaban

darimu. Jika engkau melakukan perbuatan jelek, Aku mengetahui.

Wahai manusia! Rejeki yang sedikit, tetapi engkau syukuri adalah lebih baik

dari pada rejeki yang berlimpah-ruah, namun tidak engkau syukuri.

Wahai manusia, Hartamu yang terbaik adalah harta yang kau bawa menghadap

pada-Ku. Hartamu yang terjelek adalah harta yang kau tinggal di dunia. Untuk

itu, bersegeralah engkau melakukan kebajikan sebelum maut merenggutmu, maka

engkau akan menemukan kebajikan itu berada di sisi-Ku.

Wahai manusia! Barangsiapa dilanda duka, Aku-lah yang membebaskannya.

Barangsiapa yang memohon ampun, Aku-lah yang akan memberikan ampun.

Barangsiapa yang bertobat, Aku-lah yang akan menghindarkan dia dari

perbuatan durjana. Barangsiapa yang telanjang, Aku-lah yang memberi pakaian

kepadanya. Barangsiapa yang merasa ketakutan, Aku-lah yang memberikan

keamanan kepadanya. Barangsiapa yang lapar, Aku-lah yang mengenyangkan.

Jika hamba-Ku patuh dan menerima atas segala keputusan-Ku, maka Aku

memberikan kemudahan atas segala urusannya dan mengukuhkan kekuatannya serta

melapangkan dadanya.

Wahai Musa! Barangsiapa yang mencari kekayaan dari harta fakir miskin dan

anak yatim, maka Aku akan menjadikan ia fakir dan akan menyiksanya di

akhirat. Barangsiapa yang menjajah orang-orang miskin dan rakyat jelata,

maka Aku akan membalas dengan menghancurkan kekuasaan yang dia bangun dan

kelak Aku akan menempatkannya di neraka. Sesungguhnya ini benar-benar

termuat dalam kitab-kitab terdahulu, yaitu kitab Ibrahim dan Musa.”

Wassalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh,

Jenny

About irfanansori

you and me always be champion

Tinggalkan Balasan

