Kiat kiat menjadi seorang penulis dia ntaranya adalah :
1. tulisan harus berupa informasi yang belum diberitakan sebelumnya. Contohnya tentang nasib para TKI, atau masalah korupsi ataupun masalah yang berhubungan dengan solusi dari sebuah permasalahann yang terjadi di negara kita.
2. Untuk menghindari kekinian berita maka sebagai penulis kita wajib untuk mendalami cerita deri unsur pendalaman cerita. Sehingga para pembaca ,memiliki wawasan baru dalam informasi tersebut.
3. Tulislah dengan menurut satu sudut pandangn. Dan terfokuslah pada sudut pandang tersebut.
4. Tulisan hendaklah beralur, sehingga pembaca dapat mendapatkan apa yang ingin dibicarakan oleh si pembicara. Dengan menambahkan judul dengan kalimat yang pendek namun melengkapi seluruh isi bacaan.
5. Pembaca bisa menentukan 5W+1H dari informasi yang kita berikan.
6. Susunlah cerita berdasarkan penting tidaknya informasi biasanya hal hal tersebut terjadi pada sebuah berita berita terkini. Biasa nya yang penting kita simpan di halaman terdepan dan selanjutnya menjadi hal hal yang kurang penting.
7. Tulisan yang tersaji haruslah menarik dan lengkap.contohnya ketika kita menggambarkan suatu tempat maka kita harus menggambarkan dengan lengkap. Misal : tempat itu tak jauh dari masjid istiqlal dan monumen nasional.
8. Gambarkan tokoh bukan hanya dari status sosialnya bisa saja dari pendidikannya dan ciri ciri fisik tubuhnya, kegemarannya serta cita citanya.
9. Bagian cerita yang terlalu umum sajikan secara sederhana, sehingga terkesan bahwa tidak membosankan.
10. Ketika menulis kutipan, tulislah kutipan tersebut secara langsung karena bahasa lisan berbeda dengan bahasa tulisan.
11. Bahan bahah harus menarik. Contonya : jeritann tangis korban lumpur lapindo, jeritan anak tiri, keluhan masyarakat. Dan hal hal lain yang sangat berhubungan dengan hal tersebut.
Cara penulisan
1. mudah dimenegerti, bersahabat dan akurat.
2. gunakan kalimat aktif. Contohnya : anak tersebut ditabrak oleh sebuah bus, tetapi haruslah datanglah sebuah bus yang besar dan menabrak anak tersebut.
3. gunakanlah penghematan kata. Contohnya: adalah merupakan instrumen tetapi tulislah “merupakan instrumen”
4. susunlah kata berdasarkan EYD namun apabila terlau rumit maka konsistenlah dnegn penulisan yang kita yakini kebenarannya.
5. tulisan yang bersahabat biasanya tidak mengandung alinea atau kalimat yang panjang hanya terdiri dari tiga kalimat dan setiap kalimat mengandung 10 kata maksimal. Cara mengetahui panjang tidaknya kalimat tersebut bisa kita ketahui dengan sekali bernafas ketika membaca kalimat, apabila kalimat belum habis ketika kita kehabisan nafas maka kalimat tersebut terlalu panjang.

About irfanansori

you and me always be champion

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s