Wah, tahun ajaran baru 2010/2011 sudah bergulir, Flash (panggilan dari penulis asli) mengucapkan Selamat dulu nih buat Flashners, yang udah di terima di Perguruan Tinggi/Universitas pilihannya dan sebentar lagi menjadi Mahasiswa. Flash ingin berbagi kiat-kiat atau agar kedepannya Flashners bisa menjalani kehidupan baru sebagai Mahasiswa dengan baik. Berikut beberapa tips dan trik versi Flash Radio, gimana sih dan apa yang harus Flashners persiapkan ketika menjadi seorang mahasiswa.
1. Cepat Beradaptasi. Perasaan senang dan bahagia ketika kita menyadari sekarang sudah menjadi seorang mahasiswa adalah hal yang wajar, tapi jangan berlarut-larut. Sekarang Flashners sudah memasuki dunia baru, tidak seperti sekolah. Dunia kampus menuntut Flashners untuk lebih kreatif, inisiatif dan inovatif dalam segala hal. Misalnya dibangku sekolah dulu mungkin buku dan segala macem kebutuhan sudah dipersiapkan dan kita tinggal beli di koperasi, tapi saat Flashners kuliah, harus mencarinya sendiri dari referensi yang dikasih dosen atau dari internet. Banyak bergaul dan mencari informasi mengenai tempat kita menuntut ilmu, baik itu tentang rule di Flakultas, Jurusan, Himpunan, dll. Adalah salah satu keharusan yang MABA lakukan.
2. Harus pandai mlih teman baru. Banyak teman dan kenalan pada saat kita dikampus itu baik, tapi kita harus pandai-pandai memilih mana teman yang baik untuk kita ajak sharing natinya, karena ada yang bilang memilih teman sama artinya dengan memilih masa depan. Memilih teman sama artinya dengan memilih perilaku. Memilih teman sama artinya dengan memilih kualitas ilmu. Kita akan sulit berkembang bila sehari-hari kita bergaul dengan orang-orang malas. Kita pun akan sulit meraih kemuliaan akhlak, bila sehari-hari kita bergaul dengan orang yang buruk akhlaknya. Maka, tinggi rendahnya kualitas seorang manusia sangat dipengaruhi oleh kualitas orang yang menjadi temannya.
3. Bikin target dan skala prioritas. Untuk MABA, semester awal biasanya adalah ladang untuk mendapat IP yang bagus, karena pada saat semester awal tersebut makul (mata kuliah) yang diajarkan biasanya masih bersifat dasar dan umum (dipelajari juga saat SMA/STM), belum bersifat penjurusan. Makanya jangan sampai disia-siakan momen tersebut dan jangan ragu untuk membuat target IP yang tinggi, misalnya 3,7 atau mungkin 4. Pada semester awal juga biasanya mahasiswa teknik mulai disibukkan dengan praktek dan banyaknya tugas, disini Flashners harus pintar-pintar bagi waktu dan bikin skala prioritas mana yang harus segera diselesaikan.
4. Pelajari karakter dosen pengajar. Sebagai seorang mahasiswa harus kenal dan dekat dengan dosen pengajar, karena beliau lah yang memberi nilai Flashners. Banyak tipe-tipe dosen dan mereka pasti punya karakter yang berbeda pula. Ga ada salahnaya kalo kita coba mempelajarinya, caranya? satu tips buat Flashners yaitu coba bertanya dengan senior kalian, biasanya mereka sudah tahu.
5. Dekati senior. Dekat dengan senior secara ga langsung baik buat Flashners yang masih awam soal lingkungan kalian. Karena disana kamu bisa menanyakan banyak hal baik itu tentang dosen, kuliah, pengalaman dia ketika kuliah ataupun hal lainnya. Dari situ Flashners bisa mengambil pelajaran yang pastinya bermanfaat mengenai kekurangan dan kelebihan dari senior tersebut, sama saat kita memilih teman, kita juga harus pintar-pintar memilih senior yang baik untuk kita.
6. Isi waktu luang dengan belajar hal baru. Terkadang justru ketika kuliah kita malah punya banyak waktu luang, tidak seperti saat sekolah yang belajarnya dari pagi sampai siang atau sore di kelas. Ketika kuliah mungkin dalam 1 hari cuma ada 1,2 atau paling banyak 3 mata kuliah. Pastinya banyak waktu kosong yang kita punya, sebaiknya waktu tersebut diisi dengan hal yang positif dan pelajari sesuatu yang baru, misalnya buat anak teknik mungkin bisa belajar ngulik software, bikin web, ikut seminar & pelatihan atau apapun yang bisa menambah kemampuan dan skill yang kamu punya. Awalnya mungkin berat, karena biasanya godaan untuk bermain sangat tinggi, tapi kembali lagi ke skala prioritas dan pribadi masing-masing.
Intinya, jangan takut buat nyoba hal baru (yang positive) dan perbanyak teman. Jadilah pribadi yang ceria dan menyenangkan. Sukses selalu. (flashradiountirta.com)

About irfanansori

you and me always be champion

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s