habis lulus UAN enaknya melanjutkan kuliah atau kerja ya?

Thu, 24/04/2008 – 3:01pm — d4rk_skul

heyy bro q nak baru,,
sbelumnya q mnta tolong ma kalian wat ndoain q lu2s UAN,,
q mw tnya enaknya tu ngalnjutin pa kerja?
kl nglanjutin kmana yah?
ad yang punya solusi?

BEBERAPA JAWABAN DARI TEMAN TEMAN KITA SEMOGA DAPAT DI PERHITUNGKAN MANA YANG BAIK MENURUT ANDA

KaLo KaTa AkU MaH~

Kalo kamu sekolah di SMK, meningan langsung kerja…
Tapi sebelum kerja, meningan kamu tanya2 ortu dulu…
Kalo niat kerja, jangan minta bantuan ortu~ kan kasian~

Tapi kalo kamu sekolah di SMA, meningan kuliah aja~
Soalnya kalo SMA itu lebih menjuruskan ke pelajaran bidang Akademik.
Kalo SMK, dia lebih menjuruskan ke Kejuruan~ kan tau sendiri~
Maksudnya kejuruan, biar ada dua pilihan…
1. buat menjurus ke Universitas yang dituju(kalo mao kulia)
2. Supaya lebih paham di bidangnya(kalo mao kerja)
Yang penting mah~ jangan ngerepotin ortu…
apalagi kalo ortu kamu udah gak muda lagi~
Kasian, Berat di Ortu~ It’s Up 2 you…

Semoga membantu~ ^^

Thu, 24/04/2008 – 8:38pm — godam64

Kalau suka kuliah dan kerja mending kuliah sambil kerja saja

Yang harus dipikirkan adalah biaya kuliah.

Kalau biaya kuliah bukan masalah akan lebih baik kalau melanjutkan ke perguruan tinggi sesuai dengan minat dan bakat kita. Selama kuliah berlangsung bisa diselingi dengan bekerja paruh waktu. Hitung-hitung sambil mencari pengalaman untuk bekal setelah lulus kuliah nanti.

Kalau tidak punya biaya kuliah, maka sebaiknya bekerja saja untuk menghidupi diri sendiri dan keluarga. Biasanya lowongan pekerjaan untuk lulusan sma lebih sulit didapat, persaingan ketat dan kompensasi yang didapat pun mungkin tidak seperti yang diharapkan. Kalau sudah bisa membagi waktu maka jangan takut untuk mengambil kuliah di tempat yang bonafid dan berkualitas. Ketika lulus maka kesempatan kita untuk mendapatkan lapangan kerja yang lebih baik akan semakin terbuka lebar.

semoga lulus ujian akhir nasional / uan dan menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa Indonesia. Aminnn…

Wed, 30/04/2008 – 9:27am — jerrymouse

gue setuju banget..

tapi ga segampang itu teman tuk ngejalinnya,.gue sendiri keteteran nih ngejalanin kuliah sambil kerja..banyak banget waktu yang harus kita manage!!! so hal biasa yang seharusnya kita jalani dengan fun, dengan terpaksa harus kita korbanin,..
yah pokoknya tetap semangat bro,..

Tue, 06/05/2008 – 4:25pm — sintia

lihat kondisi…

kalo menurut tia sih, mendingan kamu renungin dulu dan pikirin yang benar apa baik dan buruknya kalo kamu ngambil kuliah tau kerja, atau mungkin kamu mau kuliah sambil kerja, biar nantinya gak nyesel.
tapi kalo kamu ngambil kuliah tau kerja kayanya gak da yang jelek, toh dua-duanya tujuannya baik yaitu buat hidup kamu selanjutanya.

tetapi kalo boleh kasih saran, dengan melihat persaingan didunia kita saat ini kayanya mendingan mengambil jenjang yang lebih tinggi biar kamu siap menghadapi segala persaingan global yang ada, toh sekarang juga banyak orang yang melanjutkan stady nya cuman gara-gara pingin mendapatkan posisi yang lebih nyaman ditempat kerja. kan kalo kamu kuliah duluan, nanti pas kerja kamu bisa dengan leluasa kerja ditempat yang sesuai dengan bidang kamu, meskipun banyak yang bilang kuliah tidak menjamin mendapatkan pekerjaan, saya yakin kalau kamu serius dan mempersiapkan dengan matang ketika kamu kuliah, kamu dapat bekerja ditempat yang kamu suka dan nyaman untuk kamu…

tetapi kalo kondisi kamu tidak memungkinkan untuk kuliah, kamu bisa bekerja ditempat yang sekiranya nyaman untuk kamu berkarya atau bekerja. toh belajar bisa tanpa guru ko lagian diperkuliahan juga belajarnya tanpa dosen, mereka hanya berfungsi membimbing kita saja…belajarnya sih tetep aja sendiri… yang namanya belajar tidak harus disekolah atau didalam ruangan yang hanya berukuran 6×3 meter tetapi yang namanya belajar adalah segala proses untuk suatu tujuan yang mulia…. so jangan berhenti untuk belajar dimanapun kamu berada…. ditempat kerja ataupun di kuliahan

tetap semangat ya… jalan mu masih panjang sobat, selamat datang didunia yang sesungguhnya (n_n)…..
kebingungan yang sekarang merupakan awal kamu membuka gerbang kehidupan….
kamu pasti bisa apapun yang kamu pilih yakinilah,dan jalani dengan baik, pasti hasilnyapun akan baik….
oh ya…. semoga UN nya berhasil……

Tue, 06/05/2008 – 9:14pm — Tamu

Pertimbangkan kemampuan

Kalau mau Kuliah atau mau kerja pertimbangkan atau pelajari kemampuan diri kita , baik kemampuan intellectual ataupun financial, jangan ikut ikutan teman.

Kalau mau Kuliah, cari kuliah yang kalau tamat bisa buka usaha sendiri, membuka lapangan kerja untuk diri dan orang lain, umpamanya jurusan Arsitek, Pertanian, Komputer dan lainnya. Sedangka Kuliah yang sulit untuk membuka lapangan usaha sendiri seperti Perminyakan dan Pertambangan.

Kalaupun mau kerja, lihat pekerjaannya apakah sesuai dengan bakat dan kemampuan pikir kita, jangan dipaksakan, karena akhirnya kita akan menjadi stress.

Terimakasih

Tue, 06/05/2008 – 10:21pm — Tamu

kerja dulu baru kuliah

saatnya nentuin hidup Gw sendiri dari pada Ntar hidup gw ditentuin orang lain
saatnya mutusin semuanya..segala sesuatu yang terjadi dalam hidup Gw ada di tangan gw
menurut saya mending kerja …karena apa?orientasi kerja tuh lebih menekankan tentang arti hidup lebih mengenali kemampuan diri..nah ntar baru kerasa kekurangan diri kita..nah klo dah nyadar kuliah dong (biar pola pikir kita makin ciamii)…..kesimpulannya kita harus ada tekad buat milih kerja atau kuliah..ehm

Fri, 09/05/2008 – 1:08pm — salipurwandi

KULIAH DULU DI PTN TERKENAL

gua saranin kuliah aja ya (selagi ada kesempatan dan biaya)
soalnya jika tidak maka:
1. Karir sulit berkembang
2. Gaji kecil
3. Skill kurang memenuhi sarat kebutuhan kerja saat ini
4. Ekonomi akan lama membaik
5. Derajat akan lebih lama naik pula
6. Akan sulit bersaing (sekarang sarjana saja sulit mencari kerja)
7. oke…semoga saran saya bermanfaat…soalnya apa yang sya ceritakan diatas datang dari pengalaman dan kejadian yang saya jalani..

NB. dampak buruk diatas tidak akan berlaku jika”
1. Bapak kita punya perusahaan (jd g usah kerja)
2. Dapat warisan 7 Turunan (makan tidur aja)

Sat, 10/05/2008 – 1:01pm — Tamu

Kuliah sambil kerja aja

Kalo aku sih mendingan kuliah aja tapi harus sambil kerja,masalahnya kalo ngandalain dari Ortu takutnya malah jadi beban mereka,bukanya apa s ih memang sudah menjadi kewajiban mereka untuk menyekolahka kita tapi harus di tengok dulu keadaan Ekonomi Ortu.Lagi2 Soal ekonomi ya..Pusii….ng!Mendingan kerja sambil kuliah deh kayak aku.alhamdulillah aku sudah bisa membiayai kuliahku sendiri.KENAL

Fri, 30/05/2008 – 11:07pm — d4rk_skul

wat yagn dah kasih comment,,

wat smana yang dagh kasih comment,,
makasih banget atas saran kalian samna,,
wa minta doanya yah biar wa dikasih yang terbaik,,
wat yang dagh kasih ide semoga dapet imbalannya,,

txs se-X lagi!

Sun, 01/06/2008 – 7:41pm — Tamu

Nasib saya

tak jauh beda kiranya, saya juga mengalami hal yang biasa dialami oleh kebanyakan orang. dimana pingin kuliah namun biaya gak punya. namun syukurlah, sekarang saya sudah bekerja. tapi saya belum puas dengan apa yang saya dapatkan. saya tetap pengen kuliah. namun masih geremangan jika kuliah sambil kerja. soalnya pekerjaan saya tidak bisa ditinggal jika memang tidak jadwalnya libur. pengen berhenti kerja dan melanjutkan study yach,…belum cukup tabungan nya…..Mohon saran dong…!
adoklalang@gmail.com

Mon, 02/06/2008 – 11:23am — Tamu

Utamakan Pendidikan

Menurut q seh mending kuliah aja dulu ngambil D-3 atw S-1, sekaligus mengasah kemampuan mu kita taw skrg era globalisai ye tw sendiri kan gmn keadaannya lulusan kul aj susah cr kerja apalagi SMA/SMK tp dengan kita kul akan membuat pola pikir kita berubah, tapi sebisa mungkin u jg harus bener2 niat kul jgn asal2an itu aja sech dari aq keputusan ada ditangan u tapi sekali lg aq nyaranin mending kul nyari ilmu kan ibadah seperti klu kita tanam padi akan tumbuh rumput tp bila kita tanam rumput belum tentu tumbuh padi artinya klu kita mikir akhirat dunia pasti akan ikut tp bila kita mikir dunia akhirat belum tentu ngikut,. ya kan think the best

Thu, 05/06/2008 – 11:05am — naulan

…kurang keterangan ni…

bingung juga jawabnya soalnya kamu ga kasih keterangan lengkp gmn sikon kamu d4rk_skul. kayaknya kamu lu2san sekolah jurusan ya makanya kamu mempertimbangkan utk ker. kalo yg smu kan emang blm siap ker jadi mungkin better lanjut kul.

first thing that u must consider is gmn pndpt ortu kamu ttg pilihn ini. saya yakin kamu setuju bahwa ga soal apapun yg nantinya kamu pilih, rukun sama ortu itu yg lebih penting…

stl itu…kalo emang kamu lu2s sekola jurusan, kalo ak jadi kmu, ak prefer ker. soal peluang dpt kerjaan yg oke tergantung pd kualitas kita secara menyeluruh (bukan cuma background pendid2knnya aja). oya, btw saya udah ker dan lu2san s-1 tapi ga fanatik dg pndidikan formal anyway😀

kalo kamu udah ker, kamu akan bisa menilai sbenernya kmu sebaik apa sih di dunia ker. kalo trnyata kamu udah ok bgt (bisa dpt cukup gaji, posisi yg ok, atasan yg sayang kmu, atau indikator2 lain) ya maksimalin kerja aja. one thing u must remember is that belajar itu ga hrs formal dg kuliah

tapi, kalo sebaliknya yg trjadi (kamu susah nyari ker, dpt ker yg lebih mirip bakti sosial hehe, atau yg sejenisnya) ya lanjutlah kamu kuliah, perhaps it will prepare u better…

intinya, sesuaikan langkh yg kita amb dg sikonnya. jangan takut salah langkah, kuliah bsa kpn aja tapi kesempatan memilih itu yg langka. ok! smoga sukses!😀

Mon, 09/06/2008 – 9:49am — Tamu

salam kenal dan sukses selalu

lulus taun ini juga ya? Amin ya Allah
kalo dipikir lumayan susah soalnya.
semoga kita lulus taun ini, tanpa paket C. Amin yaAllah

Mon, 09/06/2008 – 5:39pm — d4rk_skul

makasih tas saran

heyyy
wat smuana yang dagh kasih wa opini txs banget yah,,
ekh tambahan,
wat yang mw lu2san tahun nie ,,
mga kita smua lu2s yah,,
aminn Ya Allah aminnn

Mon, 09/06/2008 – 8:28pm — BIMAX

KL0 AKU SIH GK MAU KULIAH

Klo aku sih gk mau kuliah c0z aq ngrasa jd kelìnci perc0baan pendìdikan . . .apa pentingnya sh kuliah? kuliah bwt q adlh pemb0r0san . .c0z utk jadi se0rang ahli mesin tk harus butuh waktu bertahun2 . .kta cuma beli buku di gramedia N mempelajarinya selama 2 minggu sudah mencukupi/ di samakn.

kl0 aku sh lebih suka bwt kerajinan tangan . .bwtan qita diri . .bwtan ind0nesia
.

untk itu aku mengharap kalian. .jangn nebeng lagi dgn negara lain. .
bwatlah karya U sendiri. .
if u suka listrik. .jualah listrik dgn harga termurah. if u pintar elektr0 . .bwtlah hp nelp0n geratis.
if u 0rg pertanian bwtlah kacang sebesar kamu.
if u se0rang peternak bwtlah sapi beranak 9.
. .
. .
jangn sampai kita jadi k0rban gl0balisi.

gl0balisasi tk ada artinya kl0 kita gk rezpec lagi.

Mon, 07/07/2008 – 3:47pm — Tamu

BINGUNG,,,,,

AQ lagi bingung banget…masalahnya aq baru aja dtrima kerja di perusahaan gt..tapi cuma outsourcing..sedangkan sekarang ne,aq masih kuliah juga di PTN ternama..jurusannya juga lumayan menjanjikan…udah gitu ma ortu juga aq gak direstuin kerja..katanya kalo kita dah berpendidikan lebih tinggi pasti derajat kita diperusahaan juga bisa jauh lebih tinggi..gimana neh…..butuh advise cepet..huuu..hu….

Mon, 07/07/2008 – 9:43pm — Tamu

belajar itu penting

Menurut gw mendingan kuliah!… pengen nya seh gw kuliah tapi karena faktor biaya gw pilih kerja suatu saat nanti kalo gw udah banyak duit and dapetin kerjaan yang layak gw pengen ngelajutin kuliah? buat kalian yang ngerasa mampu kenapa nggak langsung aja kuliah jangan sia-siakan kesempatan. belajar yang bener jangan belajar demo, terus kalo udah jadi pejabat jangan korupsi malu sama hati nurani.

Wed, 01/04/2009 – 11:18pm — Tamu

lulus SMK bisa kerja dulu

ini pengalamanku pribadi.
Tahun 2008 kemarin aku lulus dari smk jurusan teknik komputer dan jaringan. Jujur, ketika menjelang kelulusan aku juga terpikir mau kuliah atau kerja dulu? Orang tua dan teman2 sekitar menyarankan supaya bekerja dulu, dan akupun juga sebenarnya ingin merasakan bekerja dulu.

Dan waktu itu juga sebenarnya aku menganggap kuliah tidak begitu penting. karena memang secara skill, lulusan smk bisa setara dengan D3. Itu betul, dan aku sendiri juga menyadari hal itu. Dan akhirnya aku diterima kerja di perusahaan pengembang software aplikasi, kerjanya menuntut keluar kota/pulau terus walaupun kantor pusat tetap berada di kota asal.

Setelah sekian waktu bekerja dan merasakan situasi yang ada di sekitarku, aku merasa ada yang kurang. Aku merasa harus lebih baik dari yang sudah ada. Aku ternyata masih butuh kuliah. Pikiranku yang dulu itu tentang kuliah tidak penting tidak selamanya benar. Kuliah itu harus, tapi ya juga mesti proporsional. Kalau belum ada biaya untuk kuliah jangan memaksakan kuliah dulu karena hanya akan menambah masalah.

Sekarang ini aku masih bekerja, dan masih tetap semangat untuk bisa kuliah. Aku nggak pengen terlalu lama nggak kuliah, karena aku pikir akan sulit mengikuti kuliah nantinya. 2 tahun tidak kuliah menurutku sudah cukup, dan sekarang ini baru hampir setahun aku tidak kuliah. Mungkin untuk saat ini aku lebih memilih mengumpulkan pengalaman juga biaya untuk kuliah nantinya, agar masa awal2 kuliah bisa berkonsentrasi dulu untuk full kuliah. baru semester-semester berikutnya aku kuliah sambil kerja. Kerja itu juga untuk membiayai kuliahnya.

Buat yang lulusan SMK, jangan takut untuk tidak kuliah dulu setelah lulus. Dan buat semuanya, sebaiknya sekarang jangan terlalu banyak bergantung pada orang tua. Karena usia kita-kita yang semakin tambah dewasa, sudah sebaiknya kita berlatih mandiri…🙂

Dan satu lagi, jangan lupa berdo’a disamping usaha kita! Karena kita tidak akan bisa apa-apa tanpa-Nya!

semoga SUKSES!!! amien…

Wed, 13/01/2010 – 8:53pm — Tamu

thanks tia

yea ni kenyataan dunia yang gx pernah w pkirin wkt skul…

plend krang w dah kerja, status operator maintenance.. y w lulusan smk teknik elektronika.. posisi yang w ingankan saat di sklh cz itu membuatku dihargai atas apa yang ku pelajari d sklah… di sana banyak yang bisa w dapet, dari pekerjaan itu sendiri ( piping, ngelas, pekerjaan mekanik, repair mesin, dll)

karang w bosen, berangkat pagi pulang sore, berangkat gelap poulang juga gelap, ngekos gax enak bnget lum punya bwt hiburan ( ps, netbook, taw dsb). tp sngat begitu bahagia bisa saat dpet gaji memberi sesuatu tuk ortu, yea u tw sendiri… n karng w agak tenang bisa shring d sini

jika melihat kenyataan hidup memang gax mudah mengandalkan dari bekerja di suatu perusahaan, ada baikny tuk melanjutkan kuliah. kuliah bukan hanya untuk mendapatkan ijazah, yempat pekerjaan yang nyaman, santai, dapat uang banyak, tp jika kuliah memang tuk dapet ilmu,,,, ilmu itu bisa membuat seseorang lebih bijak dlm menjalni hidup, berfikiran luas, dan sesuatu yang tidak bisa dihargai dngan uang..

mm inget UANG SELALU MENGIKUTI ILMU
dan KEBAHAGIAAN BUKAN HANYA DARI UANG

About irfanansori

you and me always be champion

One response »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s